IPDB Kendal Gelar Kejuaraan Drum Band Tingkat Karesidenan 

0
172

Kendal, Harianjateng.com- Ikatan Pelatih Drum Band (IPDB) Kabupaten Kendal menggelar Kejuaraan Drum Band Tingkat Karesidenan, Sabtu (9/3/2024) bertempat di Gor Bahurekso Kendal.

 

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Jati Pramono, Ketua IPDB Kendal, Muntasirin beserta anggota, serta diikuti oleh 38 tim drum band TK dan SD dari Kabupaten Kendal, Batang, dan Pekalongan.

Ketua IPDB Kendal, Muntasirin

Dalam laporannya Ketua IPDB Kendal, Muntasirin menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan acara yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh IPDB Kendal, yang bertujuan untuk meningkatkan minat bakat anak TK dan SD di bidang drum band.

 

“Ada 7 kategori yang dilombakan, diantaranya kategori Pemula, Lanjutan, Mandiri, Display lanjutan, Display Mandiri untuk TK, dan kategori Konser untuk sekolah SD. Masing-masing juara pada kategori akan mendapatkan piala dan uang pembinaan,” terang Muntasirin.

 

Ia berharap kepada para peserta, untuk kelas pemula nantinya bisa naik kelas ditingkat berikutnya. “Selain itu juga berharap, nantinya para juara bisa mewakili Kabupaten Kendal dalam kejuaraan di tingkatan nasional,” harap Muntasirin.

 

Dalam acara tersebut, mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Jati Pramono memberikan apresiasi kepada IPDB yang telah menyelenggarakan kejuaraan Drumband Tingkat Karesidenan.

 

Jati juga menyampaikan, bahwa Disdikbud Kendal sangat mendukung dilaksanakan kegiatan ini, mengingat untuk mendukung minat bakat anak TK dan SD, dan kedepannya akan dikolaborasikan dengan berbagai pihak lainnya, sehingga pelaksanaannya bisa lebih meriah.

 

“Kegiatan ini sangat baik sekali, karena untuk mendukung minat bakat siswa, dan melatih mental anak-anak dalam bertanding, serta mengajarkan anak menjaga sportifitas, sehingga nantinya bisa memiliki karakter yang bertanggung jawab,” tutur Jati Pramono.

 

Ia juga berharap, melalui kejuaraan ini nantinya dapat melahirkan bibit atlet di bidang drumband, dan bisa mewakili Kabupaten Kendal meraih juara ditingkatkan Regional, Nasional maupun Internasional.

 

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Jati Pramono sebagai tanda telah dibukanya kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sarirejo Kaliwungu, Jumini, S.Pd., M.Pd

Usai pelaksanaan acara, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sarirejo Kaliwungu, Jumini, S.Pd., M.Pd mewakili tim drum band SD Negeri 1 Sarirejo mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara tersebut, tentunya dari pihak sekolah mendukung apa yang menjadi minat bakat dan potensi dari para siswa, termasuk mengikuti kejuaraan drum band.

 

“Atas dukungan dari semua wali murid dan para guru dari SD Negeri 1 Sarirejo, serta kekompakan dari para siswa akhirnya dapat membuahkan hasil dengan mendapatkan juara tiga kategori SD Konser. Tentunya kedepan akan terus ditingkatkan lagi agar bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” tutur Jumini.

 

Red-HJ99/HR