Pemkab Kendal Monitoring Persiapan KPPS pada Pemilu Tahun 2024

0
145

Kendal, Harianjateng.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T bersama Forkopimda Kendal melakukan monitoring persiapan KPPS menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Selasa malam (13/2/2024).

 

Monitoring tersebut, juga diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Erni Veronica Maramba, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kendal, Muchamad Noor Fauzi, Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando, Kepala Dispermasdes, Yanuar Fatoni, Kepala Dispendukcapil, Ratna Mustikaningsih, Kepala Satpolkar Kendal, Djoko Pitono.

 

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Kendal beserta rombongan mengunjungi 4 TPS yang berbeda wilayah, yaitu di TPS Kelurahan Bandengan, TPS Desa Ngawensari, TPS Desa Gemuhblanten, dan TPS Desa Gempolsewu.

 

Sekda Sugiono dalam monitoring tersebut menyampaikan, kegiatan ini untuk memastikan kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS dalam memberikan pelayan kepada masyarakat yang akan menyalurkan hak dalam pemilu tahun ini.

 

“Persiapan di TPS 03 Kelurahan Bandengan ini sudah 100 persen. Tadi petugas KPPS melakukan simulasi, mulai dari pendaftaran sampai pengecekan, pemberian surat undangan sampai pencoblosan dengan durasi waktu lima menit untuk setiap calon pemilih,” tutur Sekda Kendal usai melakukan monitoring di TPS 03 Kelurahan Bandengan.

 

Lebih lanjut, ia menerangkan, di TPS 03 ini terdapat 250 orang pemilih, jika ada 5 tempat pencoblosan, maka dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dalam pelaksanaannya.

 

“Semoga dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar, sehingga sekitar jam 12.00 sudah selesai,” harap Sekda Sugiono.

 

Ia juga menyampaikan, pada saat dialog dengan Ketua PPS dan Ketua KPPS beserta anggota, terkait dengan surat suara sudah ditempatkan ditempat yang aman, yaitu di kantor kelurahan dengan penjagaan ketat dari TNI, Polri, dan Panwascam.

 

“Terkait dengan surat suara akan didistribusikan besok pagi di masing-masing TPS sekitar jam 06.00, karena pengiriman paling jauh di TPS Kelurahan Bandengan tidak lebih dari setengah jam,” terang Sekda Sugiono.

 

Sedangkan, Ketua KPPS TPS 03 Kelurahan Bandengan, Fahri Nur Cahyo dalam kesempatan itu menyampaikan, untuk persiapan pelaksanaan sudah jauh-jauh hari sekitar 7 hari lalu, sehingga secara teknis sudah 100 persen, tinggal menunggu surat suara saja yang akan didistribusikan pada besok pagi.

 

Ia juga menerangkan, ada 7 orang anggota KPPS yang bertugas di TPS 03, yang mana semuanya sudah diberikan arahan sesuai dengan tugasnya masing-masing, sehingga diharapkan pelaksanaan pemungutan suara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Red-HJ99/HI