Bimtek Kontributor, Diskominfo Jateng Fokuskan pada Konten Berita Menarik 

0
88

Surakarta, Harianjateng.com– Bimbingan Teknis Kontributor Berita Daerah jatengprov.go.id Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah akan fokus pada pemberitaan dan konten menarik.

 

Kegiatan digelar selama dua hari di Hotel Lor Inn Syariah Surakarta, yang dilaksakan mulai tanggal 19-20 Juni 2024. Acara menghadirkan dua narasumber, yaitu Maulana M Fahmi, Dosen Praktisi UDINUS menyampaikan materi tentang Fotografi yang menarik dan Zulkarnain Redaktur Media Jawa Tengah menyampaikan materi tentang konten berita menarik.

 

Kegiatan dihadiri Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jateng, Hita Yoga Pratyaksa mewakili Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum, S.H., dan diikuti oleh para staf, serta 35 kontributor daerah dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

 

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jateng, Hita Yoga Pratyaksa dalam sambutannya menyampaikan, peran kontributor daerah untuk memberikan informasi program dan kegiatan hasil-hasil Pembangunan di daerahnya masing-masing kepada masyarakat Jawa Tengah.

 

Lebih lanjut, Hita Yoga mengatakan, selain mengelola berita dengan narasi dan konten yang menarik tentu saja harus didukung dengan kapasitas data dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

“Saya mengamati secara intensif bahwa berita-berita yang saudara kirimkan merupakan kegiatan pemerintah Kabupaten dan Kota yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas, sehingga informasi yang dihasilkan sangat bermanfaat, hal ini terbukti banyak respon dari masyarakat luas terkait dengan pemerintahan dari Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah,” tutur Yoga Pratyaksa, Rabu (19/6/2024)

 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada editor dan kontributor daerah yang sudah mendukung pelayanan Informasi Publik, karena hasil realisasi berita di Jatengprov sejak Januari hingga Mei lalu sudah sesuai dengan harapan. Namun harus terus ditingkatkan, agar manfaatnya bisa akan lebih dirasakan masyarakat secara luas.

 

“Harapannya melalui kegiatan ini, akan lebih meningkatkan kualitas dan kompetensi para kontributor, sehingga akan lebih banyak memberikan informasi-informasi kepada masyarakat Jawa Tengah,” kata Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jateng sekaligus membuka acara tersebut.

 

Sementara itu, Redaktur media Jawa Tengah, Zulkarnain sebagai pemateri di hari pertama menyampaikan, bahwa dalam membuat berita harus membuat judul yang menarik, isinya padat, jelas, dan tidak bertele-tele.

 

“Selain judul yang menarik, juga harus disertai dengan foto yang menarik untuk menggambarkan suatu peristiwa tersebut,” tambah Zulkarnain.

 

Perlu diketahui bahwa nominasi 10 besar pada penayangan berita Daerah terbanyak dari Januari – Mei 2024, diantaranya Kabupaten Temanggung, Rembang Jepara, Semarang, Purbalingga, Blora, Sragen, Kendal, Kota Semarang, dan Kabupaten Cilacap.

 

Red-HJ99/HR