Desa Sobokerto Jadi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Boyolali

0
42
Desa Sobokerto Jadi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Boyolali

Boyolali, Harianjateng.com – BPBD Kabupaten Boyolali,PT Pertamina Patra Niaga, dan CV Lavanterra Energy bekerja sama dalam membentuk Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Sobokerto. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu pada 14,15,19,20 dan 21 Juni 2024. Pembentukan DESTANA dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Boyolali.

Pembentukan DESTANA Desa Sobokerto bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dari kelurahan terdampak bencana dalam mengenali ancaman, kerentanan, dan dampak kejadian bencana melalui kajian risiko bencana serta pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana. Tidak hanya itu kegiatan ini juga mendorong kelurahan (Destana) memiliki mendukung kegiatan pengurangan risiko bencana secara mandiri.

Kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Sobokerto difasilitasi oleh Dr. Zela Septikasari, M.Sc., M.Pd. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari ini memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan baru bagi warga Desa Sobokerto tentang penanggulangan bencana.

Hasil kegiatan Pembentukan Destana Sobokerto diantaranya kajian risiko bencana level desa, rencana penanggulangan bencana level desa, pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa, pembentukan relawan, analisis sistem peringantan dini dan rencana evakuasi, pembuatan rencana kontingensi desa berdasarkan prioritas ancaman, table top excercise (TTX), dan simulasi bencana.

Kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Sobokerto didampingi langsung oleh Resti Diah Silviani, S.Pd dan Muhamad Farraz Nur Ridwan, S.Pd. Antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) sangat penting untuk keberhasilan program ini.

Desa Tangguh Bencana adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa dalam menghadapi bencana melalui pendidikan, pelatihan, dan pembentukan sistem tanggap darurat yang efektif.

Dengan adanya antusiasme yang tinggi, kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana dapat berjalan lebih efektif dan mencapai tujuannya dalam meningkatkan ketahanan desa terhadap bencana. Destana Desa Sobokerto diharapkan dapat mandiri dan melaksanakan penanggulangan bencana secara berkelanjutan. (HJ33).