Kegiatan Safari Ramadhan, Pelaku Seni Kendal Menggelar Acara Srawung Budaya 

0
160

Kendal, Harianjateng.com- Komunitas Seni dan Budaya Kabupaten Kendal menggelar acara Srawung Budaya, Senin (1/4/2024) bertempat di Alun-Alun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Acara dihadiri oleh Pembinaan Tari Sufi Balada Cinta Kendal dari Padepokan Pring Jagad, Gus Muhammad Ilyas, Komunitas Sastra Kendal, Komunitas Kaligrafi Kendal, dan para komunitas seni dan budaya lainnya di Kabupaten Kendal.

Acara turut dihadiri oleh Nyai Suniah, dan pelaku seni dari Semarang, Christian Saputro, Syarief Rahmdi, dan Ignatia Dewi.

 

Dalam kegiatan tersebut, Kelana Siwi selaku Koordinator acara menyampaikan, bahwa Komunitas Tari Sufi Kendal ini setiap bulan suci Ramadhan mengadakan safari Ramadhan, dan tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Kendal yang digelar di Alun-alun Kabupaten Kendal.

 

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini berkolaborasi dengan pelaku seni dan budaya lainnya, seperti komunikasi sastra, dan seni rupa, dan komunitas seni dan budaya lainnya. Adapun rangkaiannya ada pembacaan puisi, menggambar, dan talk show mengangkat tema “Membangun Kebudayaan di Kendal”.

 

Kelana juga mengajak masyarakat, terutama para generasi muda untuk bisa ikut dalam kegiatan pagelaran seni dan budaya, agar terhindar dari suatu hal yang negatif.

 

“Saya mengajak masyarakat, terutama anak-anak muda untuk berkarya melalui kegiatan seni. Jadikanlah hidup lebih bermanfaat, apalagi di bulan yang penuh Rahmad untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, jangan malah ikut tawuran, karena merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata Kelana.

 

Ia juga berharap, kegiatan kebudayaan dan kesenian ini akan lebih diterima oleh masyarakat Kabupaten Kendal.

 

Sementara itu, Pembina Komunitas Tari Sufi Kendal, Gus Muhammad Ilyas menyampaikan, sesuai dengan moto Kabupaten Kendal yaitu Kendal beribadat, yang mana Kendal ini sebagai kota santri, dan santri tidak lepas dari seni dan budaya, sehingga pada bulan suci Ramadhan Tari Sufi Balada Cinta Padepokan Pring Jagad ikut melakukan Safari

Ramadhan bersama para pelaku seni lainnya.

 

“Syukur alhamdulillah, pada bulan Ramadhan tahun ini Tari Sufi Balada Cinta Kendal kembali bisa melaksanakan Safari Ramdhan berkolaborasi dengan para pelaku seni lainnya, dengan harapan seni dan budaya ini akan lebih cintai masyarakat,” harap Gus Muhammad Ilyas.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan tari sufi, pembacaan puisi, kaligrafi dan kegiatan talkshow.

 

Red-HJ99/HR