Kepala BNPB Tinjau Pemukiman Warga Terdampak Banjir di Kendal

0
105

Kendal, Harianjateng.com- Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Republik Indonesia meninjau warga terdampak banjir di wilayah Kabupaten Kendal, Minggu (17/3/2024).

Acara dihadiri langsung oleh Kepala BNPB Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., beserta para pejabat lainnya dan para anggota, Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, BSc, Kapolres Kendal AKBP. Feria, Dandim Kendal Letkol Inf Ely Purwadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T beserta para Kepala Perangkat Daerah terkait, dan diikuti oleh masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Kendal.

Dalam kunjungannya, Kepala BNPB didampingi Bupati Kendal melihat secara langsung kondisi pemukiman warga di Perumahan RSS Kelurahan Langenharjo, dan dilanjutkan pemberian bantuan paket sembako untuk warga dan alat penanganan bencana untuk BPBD Kendal di Kelurahan Pekauman Kecamatan Kendal.

Kepala BNPB Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam sambutannya menyampaikan, tutur berbela sungkawa atas terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Kendal akibat cuaca ekstrim beberapa hari ini.

“Kami diutus langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak H. Joko Widodo untuk melihat kondisi masyarakat Kabupaten Kendal yang terdampak bencana,” tutur Suharyanto.

Ia juga mengatakan, pemerintah melalui BNPB tentunya tidak tinggal diam melihat kondisi yang terjadi di wilayah Kabupaten Kendal, apalagi saat ini statusnya tanggap darurat. Maka, BNPB langsung mengecek ke lokasi, dan masih terdapat kondisi pemukiman warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Kendal.

Suharyanto juga mengimbau kepada warga Kendal, agar tetap waspada terhadap bencana disekelilingnya, terutama warga yang tinggal di wilayah yang biasa terdampak banjir.

“Dalam kesempatan ini kami juga membawa bantuan untuk warga terdampak banjir, yaitu bahan kebutuhan dasar seperti beras, roti, dan peralatan tidur, serta bantuan lainnya, sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat,” kata Suharyanto.

Ia berharap, pada tahun-tahun berikutnya dampak banjir bisa lebih berkurang, tentunya hal ini dibutuhkan strategi penanganan dari Pemerintah Kabupaten Kendal.

Sementara sementara itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNPB RI yang sudah hadir di Kabupaten Kendal untuk melakukan penanganan permasalahan bencana.

Bupati Kendal juga melaporkan, bahwa musim penghujan tahun ini dampaknya lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya, dan Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus berupaya untuk mencari solusi untuk penanganan bencana di wilayah Kabupaten Kendal.

Lebih lanjut, Bupati Dico menyampaikan, persoalan bencana banjir tidak bisa selesaikan sendiri, namun harus benar-benar diselesaikan bersama-sama secara konkret.

“Salah satu permasalahan musibah banjir ini, karena masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, khususnya membuang sampah di sungai, sehingga perlu adanya edukasi secara masif kepada masyarakat agar persoalan bencana benar-benar bisa diatasi bersama-sama,” ungkap Bupati Kendal.

Salah satu warga kelurahan Ngilir Kecamatan Kendal, Wadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal yang sudah memberikan perhatian kepada warga terdampak banjir.

“Terima kasih atas bantuan yang dirikan, tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, karena sudah 3 hari terdampak banjir,” kata Wadi.

Red-HJ99/KM