DPD LDII Kendal Ikut Berkontribusi dalam Pelaksanaan Rukyatul Hilal

0
375

Kendal, Harianjateng.com- Rukyatul Hilal menjadi salah satu hal yang penting bagi umat Islam di dunia, karena sebagai salah satu metode menentukan awal bulan Ramadhan dan satu Syawal Hari Raya Idul Fitri.

Dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal tentunya masing-masing negara maupun daerah di negara muslim akan menggunakan alat canggih untuk melihat hilal, seperti halnya juga dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal untuk melihat hilal yang menentukan awal Ramadhan 1445 Hijiriah tahun 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Ir. Sugiono, M.T. Bersama Kepala Kantor Kemenag Kendal, Mahrus, Ketua DPD LDII Kendal, HM Santoso serta para pimpinan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Kendal

Disampaikan oleh Ketua DPD LDII Kendal, HM Santoso Abdul Manan, S.E, bahwa DPD LDII Kendal menjadi salah satu Tim Rukyatul Hilal Daerah Kabupaten Kendal, yang mana setiap tahunnya ikut serta dalam membantu memfasilitasi peralatan seperti Teleskop untuk melihat hilal.

“Kami ikut serta berkontribusi terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal dalam kegiatan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan menentukan lebaran Idul Fitri, yaitu dengan memfasilitasi peralatan modern yang kita miliki, seperti teleskop yang sudah terkoneksi dengan komputer dan bisa live streaming,” tutur HM Santoso Abdul Manan, usai pelaksanaan Rukyatul Hilal berama pimpinan daerah Kabupaten Kendal dan para pimpinan Ormas keagamaan di Pelabuhan Kendal, Minggu (10/3/2024).

Menurut HM Santoso, dengan teleskop yang tersambung ke komputer, para pelaksana pemantau hilal bisa lebih mudah untuk melihat hilal. Selain itu, para pimpinan daerah juga bisa menyaksikan pantauan hilal secara bersama-sama.

Ia juga mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan Rukyatul Hilal tidak hanya DPD LDII Kendal saja yang ikut memfasilitasi pemerintah daerahnya, namun LDII seluruh Indonesia tentunya juga ikut memfasilitasi daerahnya masing-masing, karena LDII daerah memiliki alat canggih teleskop yang sudah terkoneksi dengan komputer.

“Semoga apa yang sudah dilakukan oleh DPD LDII Kendal ini bisa terus membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kendal, tidak hanya di bidang urusan rukyatul hilal saja, namun juga di bidang-bidang lainnya,” harap HM Santoso.

Red-HJ99/HR