Pemkab Kendal Laksanakan Program One Day One Juz

0
90

Kendal, Harianjateng com- Program One Day One Juz merupakan salah satu program tadarus Al-Qur’an dari Pemerintah Kabupaten Kendal yang dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadhan. Pada bulan puasa 1445 Hijriah program ini kembali dilaksanakan dan dibuka oleh Bupati Kendal, Dico Ganinduto, B.Sc, Rabu (13/3/2024) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Tadarus Al-Qur’an yang dilakukan oleh para Perangkat Daerah Kabupaten Kendal di Bulan Suci Ramadhan sejak kepemimpinan Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc yang sudah dilaksanakan sejak 3 tahun lalu.

Acara tadarus Al-Qur’an turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T., Pimpinan Ponpes PPTQ Brangsong KH. Irfan Shodik, Kepala Kantor Kemenag Kendal, Mahrus, dan diikuti secara langsung oleh para pimpinan Perangkat Daerah dan para camat, serta diikuti secara Daring oleh para kepala UPTD, para kepala KUA dan Kepala Desa beserta perangkatnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono menyampaikan, One Day One Juz ini merupakan salah satu program kerja dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kendal dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“Adapun tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dan menumbuhkan rasa cinta kepada kitab suci Al-Qur’an sebagai pegangan dan tuntunan dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Islam,” kata Sekda Kendal.

Sekda Sugiono juga mengatakan, bahwa program ini sudah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut, sesuai arahan dari Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, yaitu agar mengisi hari-hari pada bulan Ramadhan dengan tadarus Al-Qur’an.

Dalam sambutannya, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto menyampaikan puji syukur, karena masih diberikan kesempatan untuk bisa kembali dipertemukan dengan bulan yang sangat penting bagi umat muslim, yaitu bulan suci Ramadan.

“Mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini, ibadah kita bisa lebih baik dari tahun yang sebelumnya, dan makna dari bulan suci ini benar-benar bisa kita dapatkan, khususnya bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal dalam melaksanakan one day one juz yang sudah menjadi tradisi selama 3 tahun terakhir,” tutur Bupati Dico.

Menurut Bupati Kendal, one day one juz sudah menjadi tradisi yang di laksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal sejak dirinya menjadi Bupati Kendal, mengingat pada bulan suci Ramadan harus lebih mengagungkan Al-Qur’an.

“Maka sudah sewajarnya kita menyisakan waktu untuk bersama-sama tadarus Al-Qur’an. Mudah-mudahan tradisi yang baik ini bisa terus dijalankan di Kabupaten Kendal, dan harapannya apa yang menjadi cita-cita Pemkab Kendal dapat di mudahkan dan dikabulkan oleh Allah SWT,” harap Bupati Kendal.

Bupati Kendal juga berharap, semoga pelaksanaan tadarus Al-Qur’an bisa berjalan dengan lancar dan bisa khatam lebih awal.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Juz 1 oleh Sekda Kendal Sugino beserta jajarannya yang didampingi oleh KH. Irfan Shodik.

Red-HJ99/KM