Harianjateng.com Dapat Penghargaan dari LP Ma’arif NU Jateng

0
104

Semarang, Harianjateng.com- Media Online Harianjateng.com mendapatkan penghargaan dari Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah pada 9 September 2023 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, KH. HM Muzamil kepada Heri Susanto, S.H selaku Pengurus Media harianjateng.com di Hotel Muria Semarang, Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai salah satu media yang terus mendukung publikasi program yang dilaksanakan oleh Lembaga Ma’arif NU Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah, Hamidulloh Ibda menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para penulis produktif dan media yang selama ini telah berpartisipasi menyebarluaskan informasi tentang program dari LP. Ma’arif NU Jawa Tengah.

Ia juga menjelaskan, ada puluhan penulis dan sastrawan, dan belasan media yang diberi penghargaan dalam acara Temu Penulis dan Sastrawan, serta Penghargaan Media Massa dalam tema “Bahagia dalam Berliterasi” yang dilaksanakan di Hotel Muria Semarang.

Ibda mengungkapkan, berkat kolaborasi dengan semua pihak, termasuk para penulis, sastrawan dan sejumlah media massa, LP. Ma’arif NU Jawa Tengah tercatat di Unesco sebagai lembaga aktif dalam berliterasi, karena banyak program-program yang telah dipublikasikan.

“Pasa tahun 2020, LP Ma’arif NU Jawa Tengah juga mendapat apresiasi dari UNICEF PBB sebagai lembaga yang membuat laporan terbaik di Indonesia karena berbasis siber dengan mengintegrasikan laporan dengan berita online,” ungkap Ibda yang juga Wakil Rektor I Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung Perindo 2021-2025.

Sebagai dosen berprestasi tingkat nasional, Ibda juga berharap, apa yang menjadi tujuan bersama terkait dengan literasi, melalui LP Ma’arif NU Jateng ke depan akan terus bisa ditingkatkan, sehingga akan memacu lebih banyak lagi masyarakat gemar membaca dan menulis, dan tentunya akan lebih meningkat kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, KH. HM Muzamil menyampaikan, bahwa gerakan Literasi Ma’arif ini adalah satu gerakan pengembangan ilmu pengetahuan, karena di dalamnya ada membaca, menulis dan menerapkan bilangan di dalam realita kehidupan, sehingga mau tidak mau harus diterapkan oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif agar kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisa lebih ditingkatkan.

Lebih lanjut, KH. HM Muzamil menyampaikan peningkatan tersebut bisa tentunya dengan minat baca masyarakat, kemudian setelah membaca yaitu mengekspresikan apa yang sudah dibaca untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat untuk kemaslahatan hidup masyarakat, baik menyampaikan ilmu tersebut secara langsung dengan lisan maupun tulisan.

“Terpenting adalah kita mampu menerapkan bilangan dalam kehidupan kita saat ini, terlebih di era digital yang menerapkan konsep-konsep bilangan dan logaritma yang dikuasi oleh para anak muda. Jika kita mampu menerapkan, pastinya kedepan akan lebih baik lagi,” tutur Ketua PW NU Jawa Tengah.

Ia juga menyampaikan, setelah memiliki kompetensi berliterasi yang paling pokok adalah integritas moral dan kepribadian menjadi sangat penting, yang mana telah ditekankan oleh PBNU melalui Rais Syuriyah Prof. H. Muhammad Nuh bagi kader NU agar meningkatkan integritas kepribadian dan moral, serta menjadi insan pembelajar yang sejati.

“PW NU Jawa Tengah ini akan terus mendukung para kader yang memiliki ide kreatif apalagi untuk kemaslahatan harus kita dukung bersama, termasuk launching NU Online Jateng pada tahun 2020 dan sudah berjalan di daerah-daerah di Jawa Tengah, dan tercatat sudah ada hampir 9 juta pembaca NU Online Jateng,” ungkap KH. HM Muzamil.

Ia juga mengajak kepada para penulis produktif dan rekan media yang selama ini sudah ikut berpatisipasi dalam pergerakan NU, agar terus mempromosikan Islam yang rahmatan lil alamin yaitu Islam yang ingin mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat, kebahagiaan lahir dan batin dan juga ada keseimbangan dalam aspek individu maupun sosial.

Menurutnya, NU ini hadir untuk memenuhi kebutuhan individu maupun kebutuhan masyarakat, yang mana sudah dilakukan oleh para Kiai NU dengan pola-pola pendidikan di pesantren yang terus bisa diterapkan, bahkan pola pendidikan di pesantren menjadi ideal yang didapatkan oleh akademik pakar-pakar dibidang pendidikan, yang mana semacam diadopsi dan diterapkan.

KH. HM Muzamil juga berpesan kepada para peserta agar tetap berkhidmat di NU, jadi pengurus maupun tidak jadi pengurus namun tetap bisa berkhidmat sesuai dengan kemampuan masing-masing dan dilingkungannya masing-masing.

Saat di Konfrimasi Pengurus Media harianjateng.com, Heri Susanto membenarkan telah menerima penghargaan dari LP Ma’arif NU Jawa Tengah Kategori CEO Media Online Umum Terbagus III.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan, dan tentunya akan lebih menjaga komitmen untuk bisa terus berkolaborasi dengan LP Ma’arif NU Jateng,” kata Heri, Sabtu (2/3/2023).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada LP Ma’arif NU Jawa Tengah terutama kepada Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Tengah yang sudah memberikan penghargaan kepada harianjateng.com kategori CEO Media Online Umum Terbagus III.

“Kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik ini akan terus ditingkatkan, sehingga kedepan lebih banyak lagi program LP Ma’arif NU Jateng yang bisa dipublikasikan,” harap Heri Susanto.

Red-HJ99/HI