Berikan Pendidikan Politik, Badan Kesbangpol Kendal Menyasar Lingkungan Pendidikan 

0
226

Kendal, Harianjateng.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal melakukan Pendidikan Politik dan Kewaspadaan Dini kepada para siswa di SMK Negeri 2 Kendal, Rabu (21/2/2024) bertempat di Aula SMK Negeri 2 Kendal, Jawa Tengah.

 

Kegiatan tersebut merupakan program dari Badan Kesbangpol Kendal dalam Rangka Menjaga Kebhinekaan di wilayah Kabupaten Kendal.

 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, S.H, beserta Forkopimda Kendal, Dekan FEB Unwahas Semarang, Dr. Hasan, SE, M.Sc sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

 

Acara juga dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando beserta para staf Kepala Sekolah SMK 2 Kendal, Drs. Agus Basuki, M.T beserta para guru, dan diikuti oleh 500 siswa kelas 10 SMK Negeri 2 Kendal.

 

Dalam acara tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando menjelaskan, bahwa kegiatan pendidikan politik ini merupakan salah satu program dari Kesbangpol Kendal menyasar ke lingkungan pendidikan, yang mana sebelumnya sudah dilakukan di beberapa sekolah, dan hari ini menyasar di SMK Negeri 2 Kendal.

 

“Melalui program ini tujuan utamanya adalah untuk memberikan pemahaman politik dan mencegah paham radikal di lingkungan pendidikan yang ada di Kabupaten Kendal. Selain itu, memberikan pemahaman kewaspadaan dini dalam rangka menjaga kebhinekaan dalam membentuk karakter kebangsaan,” ujar Alfebian Yulando.

 

Selain itu, kata Alfebian, juga untuk mencegah paham-paham ekstrem masuk dalam lingkungan pendidikan di Kabupaten Kendal, termasuk Sekolah SMK 2 Kendal.

 

Sementara Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki mengucapakan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Badan Kesbangpol Kendal yang sudah melaksanakan program baik untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pemilih pemula atau pelajar yang telah mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Kendal dengan aman dan kondusif.

 

“Pendidikan politik bagi pelajar ini sangat penting bagi para pelajar, mengingat pada tahun ini banyak dilaksanakan pemilu serentak, sehingga nantinya para pelajar atau generasi muda dapat memahami dan mengetahui perkembangan politik dan hak-hak politiknya,” tutur Wakil Bupati Kendal.

Ia juga meminta kepada para siswa dan seluruh pihak, agar terus jaga kondusivitas wilayah di lingkungannya masing-masing, sehingga tercipta suasana yang aman nyaman dan damai ini akan berlanjut ke Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Wabup Kendal juga berpesan, sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, para pelajar harus dapat mengetahui tantangan ke depan, dan mampu pengembangan kompetensi diri, baik dalam belajar literasi, dan belajar berbagai ilmu lainnya, sehingga nantinya dapat memiliki karakter atau akhlak yang kuat dalam menghadapi tantangan era society 5.0.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yang menyampaikan pentingnya pendidikan politik untuk menjaga kebhinekaan.

 

Dalam kesempatan itu, Kepala SMK Negeri 2 Drs. Agus Basuki, M.T merasa sangat senang dan bahagia, karena para siswa mendapatkan bimbingan politik dari Bandan Kesbangpol Kendal.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, yang telah melaksanakan program baik ini di SMK Negeri 2 Kendal. Tentunya kegiatan ini sangatlah bermanfaat, yang mana nantinya para siswa tidak mudah terpecah belah dengan informasi hoax dan tidak mudah ikut dalam paham-paham ekstrem,” Agus Basuki.

 

Ia juga berharap, melalui program ini para siswa akan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Red-HJ99/HR