Pemkab Kendal Gelar Popda Tahun 2024

0
131

Kendal, Harianjateng.com- Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata gelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Kendal Tahun 2024, Senin (19/2/2024) di Gor Bahurekso Kendal, Jawa Tengah.

Acara dihadiri oleh Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc. sekaligus membuka acara tersebut. Ia menyampaikan apresiasi dan semangat kepada para peserta untuk terus meningkatkan kualitas diri agar menjadi generasi yang unggul, dan membanggakan bagi daerahnya.

“Para peserta harus terus bersemangat dan meningkatkan kualitas diri, agar bisa menjadi juara dan meraih banyak prestasi,” tutur Bupati Dico.

Bupati Kendal juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal akan berupaya meningkatkan fasilitas olahraga, termasuk membangun GOR baru dengan fasilitas standar nasional dan standar internasional, yang mana tentunya jauh lebih baik dari gor sebelumnya.

“Pemerintah Kabupaten Kendal sedang membangun gor baru, pastinya dengan kapasitas penonton lebih banyak sekitar 5000 orang. Selain itu, juga sudah ada Air Conditioner sehingga menjadi lebih nyaman saat digunakan,” kata Bupati Kendal.

Ia berpesan, agar semua peserta tetap menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding, agar tercipta suasana yang nyaman, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

“Melalui kegiatan ini nantinya harapanya akan melahirkan generasi muda yang lebih baik, melahirkan bibit-bibit atlet yang bisa membanggakan untuk Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah dan juga Indonesia pada umumnya,” harap Bupati Kendal.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Kendal sebagai tanda telah dibukanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2024.

Sebelumnya, Kepala Disporapar Kendal, Irham Chalid dalam laporannya menyampaikan, acara dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari hingga 3 Maret 2024 yang digelar di Gor Sasana Krida Bahurekso Kendal, Stadion Utama Kebondalem Kabupaten Kendal, Lapangan Tenis Set Kendal, Gedung Abdi Praja Setda Kendal, dan Kolam Renang Boja.

Ia menerangkan, untuk cabang olahraga yang di lombakan, diantaranya yaitu olahraga Atletik, Bulu Tangkis, Panahan, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bola Basket, Tenis Lapangan, Taekwondo, Renang Anggar, Pencak Silat, Panjat Tebing, Bola Voli Pasir, dan Bola Voli Indoor.

Lebih lanjut, Irham mengungkapkan, untuk juara Popda Kabupaten Kendal akan melanjutkan ke tingkat berikutnya, yaitu di tingkat Karesidenan dan Provinsi Jawa Tengah. Tingkat Karesidenan dilaksanakan tanggal 22- 27 April 2024 di
Kabupaten Demak, dan di Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk tahap satu dilaksanakan tanggal 20-23 Juni 2024 di Kota Semarang, dan tahap dua tanggal 24-27 Juni 2024 di Kota Semarang.

“Bagi juara umum 1, 2 dan 3 di masing-masing jenjang pendidikan akan mendapatkan piagam penghargaan, piala juara umum, dan uang pembinaan. Juara umum 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000, jura umum 2 Rp. 7.500.000, dan juara umum 3 Rp. 5.000.000,” terang Irham Chalid.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Kendal, AKBP. Feria Kurniawan, Kepala Disporapar Kendal, Irham Chalid beserta staf, Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi, dan diikuti oleh ribuan peserta dan ratusan guru pendamping, terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA Sederajat di Kabupaten Kendal.

Red-HJ99/HR