BNPT RI Resmikan Warung NKRI Digital di Klaten, Jadi Sarana Merajut Silaturahmi Antar Anak bangsa

0
104

Klaten, Harianjateng.com- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan Warung NKRI Digital di Pawon Ndeso Arena Kuliner Agrowisata, Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Rabu (07/2/2024).

 

Warung NKRI Digital merupakan akronim dari Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Demi Indonesia Gerakan Informasi dan Teknologi yang Aman dan Lancar (Digital). Warung NKRI Digital tersebut bakal menjadi wadah untuk berdialog kebangsaan guna menangkal dan melawan narasi radikal terorisme baik di dunia offline maupun online.

 

Panitia Pelaksana Warung NKRI Digital, Laksamana TNI Joko Sulistyanto, S.H., M.H., melaporkan bahwa acara ini terbagi menjadi 3 bagian, pertama peresmian warung NKRI Digital yang dipusatkan di Kecamatan Polanharjo Klaten dan 36 Warung NKRI Digital yang tersebar di Indonesia secara bersamaan, kedua, penandatangan notakesepahaman antara BNPT dengan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi Komunikasi (KPTIK), dan ketiga ngobrol bareng (ngobar) kebangsaan yang diisi oleh Kepala BNPT RI, Ketua KPITK, Gus Muwafiq serta Bupati Klaten.

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Komjen Pol Prof. Dr. H. Muhammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si, saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa Warung Digital NKRI ini nantinya akan menjual kebutuhan sehari-hari yang ditingkatkan dengan menyajikan menu digital yang tidak hanya untuk berdagang tetapi sebagai sarana sosialisasi edukasi dan wawasan kebangsaan dalam rangka untuk menangkal narasi radikal terorisme.

 

Disisi lain, Kepala BNPT RI, Rycko berharap warung NKRI Digital ini selain bisa memberikan manfaat ekonomi masyarakat, warung ini juga bisa merajut rasa persatuan dan kesatuan serta saling berbagi antar sesama anak bangsa.

 

“Warung NKRI Digital ini dibangun sebagai sarana untuk merajut silaturahmi antar anak bangsa dalam memperkuat rasa kesatuan dan persatuan,” terangnya.

 

Menurut Rycko, kenapa ini menjadi penting, karena persatuan dan kesatuan menjadi kunci utama. Indonesia yang dibangun dari berbagai perbedaan bisa bertahan dan kokoh sampai sekarang karena persatuan dan kesatuan.

 

Acara peresmian Warung NKRI Digital dan Ngobrol Bareng (Ngobar) Kebangsaan yang bertema “Merajut Keberagaman dan Persatuan Menuju Indonesia Sejahtera dan Harmoni” tersebut merupakan langkah BNPT RI dalam rangka untuk penanggulangan radikal terorisme melalui pendekatan lunak (_soft approach_) sebagai bagian dari kesiapsiagaan nasional dalam mereduksi paham radikal terorisme.

 

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani saat memberikan sambutan menyampaikan terimakasih kepada BNPT RI karena menempatkan warung NKRI Digital di Kecamatan Polanharjo. Menurutnya, hal ini sangat cocok karena tempat ini sudah disematkan sebagai tempat pariwisata (Argowisata) dan cocok mendialogkan untuk menangkal paham radikal terorisme.

 

“Melalui Warung NKRI Digital diharapkan masyarakat dapat lebih terbuka dalam berdialog, saling memahami, dan memperkuat keberagaman sebagai modal utama dalam membangun Indonesia yang sejahtera dan harmonis. Acara ini penting dalam perjuangan melawan radikalisme serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan yang berkarakteristik pada masyarakat Indonesia,” tutur Sri Mulyani.

 

Hadir jajaran BNPT RI, Kepala Kesbangpol Jawa Tengah, Forkominda Kab Klaten, beserta mitra BNPT dan FKPT di daerah. Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jawa Tengah juga turut hadir yakni Kabid Perempuan dan Anak FKPT Jawa Tengah Drs. Hj. Atiek Suniarti, M.Si. dan Kabid Penelitian dan Pengkajian Nanang Qosim, S.Pd.I.,M.Pd.

Red-HJ99/HI