Pemerintah Salurkan Bantuan Beras Tahun 2024 untuk KPM

0
142

Kendal, Harianjateng.com– Pemerintah Kabupaten Kendal Menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk pemberian bantuan pangan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kendal, Senin (5/2/2024).

Pemerintah akan menyalurkan sebanyak 22.004.077 kepada Keluarga Penerima Bantuan  untuk Komoditas Beras, dimana setiap keluarga akan mendapatkan 10 Kg beras tahap 1 tahun 2024 mulai bergulir.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Kendal telah menyalurkan bantuan pangan tahun 2024 dari pemerintah pusat sebanyak 87.080 penerima yang dibagi di 20 Kecamatan.

Penyerahan pertama dilakukan pada dua Kecamatan yaitu Kangkung desa Kalirejo dan Cepiring desa Juwiring, pada kesempatan itu Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menjelaskan tujuan dari bantuan ini dari Pemerintah Pusat adaah menjaga stabilitas harga agar ekonomi menjadi lebih baik, kemudian yang kedua adalah sebagai upaya pemerintah untuk bisa mengurangi angka kemiskinan.

“Dengan mendistribusikan bantuan berupa beras sebanyak 10 Kg dan mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk bapak/ibu, mudah-mudahan ini berkah. Bantuan dari pemerintah pusat dari Bapak Presiden Joko Widodo bukan hanya untuk Kendal tapi seluruh wilayah yang ada di Indonesia, jadi kami dari pemerintah setempat Pemerintah Kabupaten Kendal beserta Kantor Pos yang mendistribusikan, mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Dico M. Ganinduto.

Sementara Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal, Angga Nur Wigantara menjelaskan, bahwa pemberian bantuan ini merupakan tahap pertama dan nantinya akan berlangsung dua tahap. Adapun bagi penerima bantuan beras semua telah masuk pada data Badan Pangan Nasional (Bappenas).

“Untuk Kalirejo saja ada 614 tahap kedua jumlah tetap sama kalau untuk saat ini data kita yang dapat jumlahnya segitu, data penerima sudah dari Bappenas (badan pangan nasional) jadi sebetulnya penugasan ini dari Bappenas kepada Bulog, dan Bulog  penugasan kepada kami untuk penyalurannya masing-masing menerima 10 Kg,” jelas Angga Nur Wigantara.

Red-HJ99/HR