Percepat Penurunan Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Roadshow Rekrutmen Tenaga Kerja

0
117

Kendal, Harianjateng.com- Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) melakukan Roadshow Rekrutmen dan Pelatihan Siap Kerja Tahun 2024, Kamis (1/2/2024) di Aula Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc, Direktur PT. Polaris, Mr. Yang Sang Ho, Manager PT. Eclat, Mr. Eclat, para camat di Kabupaten Kendal, pimpinan OPD terkait, Kepala HRD PT. Eclat, Khoirudin beserta staf, pimpinan HRD PT. Polaris, dan diikuti oleh ratusan calon pekerja di wilayah Kecamatan Kendal.

 

Kepala Disperinaker Kendal, Cicik Sulastri dalam kesempatan menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan PT. Eclat melakukan Roadshow Rekrutmen Tenaga Kerja sebagai inovasi untuk mempercepat penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

 

Ia juga mengungkapkan, kegiatan rekrutmen dilakukan di lima tempat eks-Kawedanan di Kabupaten Kendal, di Kecamatan Kendal, Boja, Selokaton, dan Weleri, dan Kaliwungu sebagai bentuk pemerataan peluang kerja bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

 

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa kegiatan rekrutmen ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, dan kegiatan pada hari ini memang ada penambahan lapangan pekerjaan yang cukup signifikan Kawasan Industri Kendal (KIK).

 

“Dilaksanakan rekrutmen ini berkat kerjasama yang baik dengan para perusahaan di KIK, yang mana ditandai dengan MOU, sehingga saling mendapatkan manfaatnya. Pemkab Kendal bisa membuka peluang kerja, dan pihak perusahaan bisa terfasilitasi support kebutuhan tenaga kerjanya,” kata Bupati Kendal.

 

Ia juga mengungkapkan, untuk tenaga kerja yang dibutuhkan di PT. Eclat totalnya sekitar 4.500, dan yang dibutuhkan dari PT. Polaris sekitar 350 tenaga kerja.

 

“Mudah-mudahan dengan adanya roadshow sosialisasi kepada masyarakat bisa mendapatkan masyarakat yang memang menginginkan lapangan kerja. Selain itu, kita bisa mapping untuk mengetahui sebenarnya ada berapa orang yang ingin mendapatkan lapangan pekerjaan, dan mengetahui background para pencari kerja bedasarkan umur, pendidikan, dan minatnya, sehingga ke depannya bisa memberikan pelatihan kompetensi sesuai dengan bidang dibutuhan perusahaan,” terang Bupati Dico.

 

Sementara itu, Kepala HRD PT Eclat, Khoirudin menerangkan, bahwa perusahaannya bergerak di bidang tekstil PMA Taiwan, dan saat ini memang membutuhkan banyak tenaga kerja

 

“Tahun 2024 ini kita membutuhkan ribuan karyawan untuk mensuport produksi perusahaan, sehingga harapannya dengan roadshow rekrutmen bersama Pemerintah Kabupaten Kendal ini nantinya banyak pelamar warga Kendal dan yang masuk di perusahaan kami,” ujar Khoirudin.

 

Ia juga mengungkapkan, bahwa gaji di PT. Eclat hampir menyamai UMK Kota Semarang, menyediakan makan siang gratis, didaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

 

“Saat ini pekerja di PT. Eclat ada sekitar 3500 tenaga kerja, yang mana 95% adalah warga Kabupaten Kendal,” terang Khoirudin.

 

Red-HJ99/HR