Staf Ahli Bupati Kendal Resmikan Outlet United E-Motor di Kendal 

0
146

Kendal, Harianjateng.com– Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo meresmikan Outlet United E-Motor di Desa Jambearum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024).

 

Outlet United E-Motor ini merupakan perusahaan sepeda dan motor listrik di wilayah Jawa Tengah dan DIY, yang mana pada hari ini dibuka di Kendal.

 

Pembukaan outlet tersebut merupakan hasil MoU dengan SMK Bhineka Patebon, yang nantinya kolaborasi ini bertujuan untuk melatih para siswa menservis sepeda dan motor listrik, serta memberi keselamatan dan mempromosikan.

 

Acara dihadiri oleh Owner United E-Motor dan selaku Ketua BPD HIPMI Provinsi Jawa Tengah, Wulan Rudy Prasetiyo, Kepala Sekolah SMK Bhineka Patebon, Nila Herawati, ST, M.Pd beserta ketua yayasan dan diikuti oleh para guru dan karyawan, Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kustrisaptono, S.Si., M.Pd, dan Camat Patebon, Abdul Mufid beserta Forkopimcam Patebon, dan Pengawas SMK Cabdin XIII Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Langgeng Budiharso, M.Si.

 

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo Menyambut baik atas adanya program Dealer United E-Motor di SMK Bhineka Patebon ini, dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama antara sekolah menengah kejuruan dengan industri pada pembelajaran soft skill dan hard skill dengan membuka dealer motor listrik dan kelas Industri.

 

“Dampak positif lainnya, seperti memberikan wawasan dan pengetahuan tentang motor listrik United E Motor kepada masyarakat khususnya para siswa, dan memberikan motivasi kepada peserta didik akan pentingnya transformasi ilmu dan perkembangan teknologi di masa depan, sehingga dapat menciptakan lulusan yang sesuai kompetensinya. Selain itu, juga mendekatkan dunia akademik dan dunia usaha secara interaktif dalam memperluas informasi kebutuhan ketenagakerjaan,” tambah Suharjo.

 

Ia juga berharap, dengan launching Dealer United E-Motor Kendal di SMK Bhinneka Patebon ini akan bermanfaat bagi pengembangan jiwa entrepreneur bagi guru dan siswa, sehingga ke depan dapat membantu mengatasi atau menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kendal.

 

Sementara itu, Kepala Sekolah Bhineka Patebon, Nila Herawati menyampaikan, bahwa Bhineka memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM), dan nantinya akan menggunakan teknologi terbarukan mengikuti sering perkembangan zaman, seperti adanya sepeda dan motor listrik yang sudah ramai digunakan.

 

“Maka dari itu, kami menggandeng pihak United yang membidangi terkait dengan sepeda dan motor listrik, sehingga para siswi tidak sekedar paham dengan motor konvensional tetapi juga motor-motor listrik yang lebih ramah lingkungan,” tutur Herawati.

 

Ia juga mengungkapkan, adapun bentuk kerja sama yang dilakukan, yaitu dengan MOU terkait dengan pelatihan kepada kara siswa, agar nantinya bisa menservis motor listrik.

 

“MoU sementara hanya terkait servis, kalau perakitannya belum. Hal ini untuk penyerapan dunia kerja, sehingga jika nanti siswa lulus bisa langsung bekerja,” terang Nila Herawati.

 

Sedangkan, Owner United E-Motor, Wulan Rudi Prasetyo menyampaikan, kolaborasi bersama SMK Bhinneka merupakan bentuk kerja sama yang sangat baik, karena Kendal memiliki potensi yang baik, sehingga pada hari ini kita melakukan grand opening pada hari ini.

 

Ia juga menyampaikan, bahwa prioritas utama adalah dari SMK Bhinneka, agar nanti para siswa bisa langsung praktek, baik langsung jadi teknisi, administrasi atau pun pemasaran untuk motor maupun sepeda listrik dari United E-Motor.

 

“Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini bisa meningkatkan SDM para siswa di SMK Bhineka, dan harapannya hal yang baik ini nantinya bisa dicontoh oleh SMK lain di Kabupaten Kendal maupun Jawa Tengah,” ujar Wulan Rudi Prasetyo.

 

Acara dilanjutkan dengan peresmian outlet United E-Motor Jambearum oleh Staf Ahli Bupati Kendal bersama Owner United E-Motor, dan Kepala Sekolah Bhineka. Kemudian meninjau bazar hasil-hasil program dari SMK Bhineka, dan mencoba sepeda motor listrik.

Red-HJ99/HR