Bersama Universitas Slamet Sri, Bawaslu Kendal Launching Pojok Pengawasan Pemilu 

0
177

Kendal, Harianjateng.com- Universitas Slamet Sri (Uniss) Kendal bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal melaunching Pojok Pengawasan Pemilu, Selasa (16/1/2024) di gedung Fakultas Hukum Universitas Slamet Sri Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Acara dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria, Kodiv. Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat, Muhammad Habibi, Dr. Sitta Saraya, S.H.,M.H., Dekan Fakultas Hukum Unissri, dan diikuti oleh sekitar 35 mahasiswa.

 

Dalam acara tersebut, Muhammad Habibi menyampaikan, bahwa acara launching ini bertujuan untuk membangun silaturahim dengan mahasiswa agar ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu tahun 2024.

 

“Kegiatan ini nantinya tidak hanya dilakukan di Uniss saja, namun juga di kampus-kampus lain, dan sekolah SMA sederajat di Kabupaten Kendal, agar semua bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu,” kata Habibi.

 

Ia juga me menerangkan, launching Pojok Pengawasan di Kampus diharapkan menjadi media dan tempat bagi para mahasiswa untuk berdiskusi dan mencoba mengali informasi terkait Pemilu, dengan fasilitas seperti buku dan lainnya.

 

Selain itu, lanjut Habibi, juga untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa terkait dengan pemilu, dan harapanya mahasiswa berani melaporkan ke Bawaslu jika terdapat pelanggaran Pemilu, baik di kampus maupun di masyarakat lingkungannya masing-masing.

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unisri, Dr. Sitta Saraya, S.H.,M.H menyampaikan, pojok pengawasan adalah pusat pengembangan ilmu dan pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan Pemilu, manfaat tersebut bukan hanya diberikan bagi publik, tetapi juga untuk pegiat dan pemantau pemilu, serta para pengawas partisipatif seperti civitas akademika.

 

“Manfaatnya adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif, khususnya bagi para mahasiswa maupun civitas akademika di universitas,” tutur Dr. Sitta Saraya.

 

Ia berharap, akan terus ikut serta berpartisipasi mendukung Bawaslu Kabupaten Kendal dalam pengawasan Pemilu, yaitu pada Pemilu Legislatif dan Presiden yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

 

Pihaknya juga mengungkapkan, bahwa mahasiswa Uniss Kendal turut serta dalam mendukung Pemilu tahun 2024, yaitu masuk sebagai KPPS, menjadi saksi, dan lain sebagainya.

 

“Kami juga berharap, kegiatan kolaborasi antara Universitas Slamet Sri Kendal dengan Bawaslu Kendal dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat, sehingga ke depan kegiatan-kegiatan yang dilakukan memiliki nilai positif yang berkaitan dengan pengawasan pemilu,” harap Dekan Fakultas Hukum Uniss Kendal.

 

Red-HJ99/AY