Revitalisasi Los Pasar Gladag Kaliwungu Telah Diresmikan, Para Pedagang Bisa Segera Menempati

0
203

Kendal, Harianjateng.com- Revitalisasi Los Pasar Gladag Kaliwungu, Kabupaten Kendal diresmikan langsung oleh Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc Rabu (10/1/2024).

 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perdangang, Koperasi dan UKM Kendal, Toni Ari Wibowo, Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir, Camat Kaliwungu Selatan, Sugiyarto, Ketua Paguyuban Pasar Gladak, Agus Munandar beserta para pengurus, dan diikuti oleh oleh ratusan pedangan Pasar Gladag.

 

Dalam laporannya Kepala Disdakop UKM Kendal, Toni Ari Wibowo menyampaikan, syukur alhamdulillah setelah kemarin meresmikan Los Pasar Sukorejo pada hari ini Bupati Kendal meresmikan Revitalisasi Los Pasar Gladag Kaliwungu.

 

Toni juga menjelaskan, luas lahan Pasar Gladag sekitar 1800 meter persegi, dan yang digunakan untuk revitalisasi pasar ada 1000 meter persegi untuk menampung 199 pedangan. Sedangkan untuk anggaran menggunakan Anggaran Pemerintah Pusat sebesar Rp. 3000.000.000 (Tiga Miliar).

 

“Sementara ini terkait aset masih dalam kepemilikan Pemerintah Pusat, namun sesuai dengan arahan Bapak Bupati Kendal agar berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait penggunaannya, alhamdulilah bisa disetujui dan teknisnya akan diatur oleh petugas UPTD,” ujar Toni.

 

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto menyampaikan, bahwa Revitalisasi Pasar Gladak telah selesai dikerjakan, dan kurang lebih ada sekitar 199 pedagang dengan fasilitas yang baru.

 

“Mudah-mudahan nanti Pasar Gladag ini bisa kita revitalisasi secara keseluruhan. Jadi bukan hanya los saja yang kita resmikan, tapi sisanya bisa kita revitalisasi semuanya, karena mimpi saya itu semua pasar yang ada di Kendal itu kualitasnya sama dengan pasar yang ada di kecamatan Weleri yang baru saja selesai dikerjakan,” tutur Bupati Dico.

 

Lebih lanjut Bupati Kendal mengungkapkan, baru saja Pemerintah Kabupaten Kendal bangun Pasar Weleri, dan terlihat pasarnya bagus, sehingga harapanya nantinya semua pasar di Kabupaten Kendal bisa terbangun seperti Pasar Weleri.

 

Bupati juga berpesan kepada para pedagang, agar bersama-sama menjaga kebersihan pasar, karena kebersihan adalah sebagian dari iman, sehingga kalau pasarnya bersih kesehatan para pedagang juga terjaga, dan kualitas pasarnya juga semakin baik, sehingga pembeli semakin banyak. Mengingat Pasar adalah pusat pertumbuhan ekonomi, maka harapannya pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kendal bisa lebih baik lagi.

 

“Jangan pernah buang sampah sembarangan, apalagi buang sampah di Kali depan Pasar Gladag, salah satu upaya kita bersama untuk mencegah banjir adalah jangan membuang sampah di kali,” tambah Bupati Kendal.

 

Selain itu, Bupati Dico juga berpesan kepada para pedagang, menjelang Pemilu tahun 2024 agar masyarakat Kabupaten Kendal termasuk para pedagang agar mengutamakan persatuan dan kesatuan, jangan sampai terjadi perpecahan karena beda pilihan dalam pemilu.

 

“Mari kita semua berdoa semoga negara kita akan selalu diberikan pemimpin yang terbaik dalam memimpin bangsa ini,” tutur Bupati Dico.

 

Pengurus Paguyuban Pasar Gladak, Misronah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang selama ini terus memberikan perhatian kepada para pedagang, khususnya pedagang Pasar Gladag.

 

“Apa yang disampaikan oleh Bupati Kendal tadi sangat membahagiakan, yaitu para pedagang secepatnya bisa menempati Revitalisasi Los Pasar yang sudah selesai dibangun dan diresmikan,” ujar Misronah.

 

Red-HJ99/HR