Melalui ASIK BANG, BNPT dan FKPT Jateng Ajak Pemuda Cegah Radikalisme 

0
191

Semarang, Harianjateng.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah menggelar Festival Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG), Rabu malam (22/11/2023) bertempat di Atap Langit Cofee n Eatery Tembalang Semarang,

 

Acara tersebut dibuka oleh Ketua FKPT Jawa Tengah, Prof. Dr. Syamsul Ma’arif. Pihaknya mengatakan, bahwa kegiatan Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang) yang dilaksanakan hari ini merupakan program kerja BNPT yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan FKPT Jawa Tengah.

 

Prof. Dr. Syamsul Ma’arif menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda terlibat langsung melakukan pencegahan penyebaran radikalisme dan terorisme, melalui kreatifitas di bidang seni musik. Terlebih menyasar pada generasi muda, agar lebih semangat mengkampanyekan cinta dan perdamaian, dengan bermusik kehidupan ini semakin indah, bahagia dan penuh ketenangan.

“Melalui kegiatan Aksi Bang, kami mengajak generasi muda untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif, khususnya di bidang seni musik, sehingga terhindar dari bahaya radikalisme dan terorisme. Selain itu, dengan membawakan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah, kami berharap mampu menumbuhkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, dan menghargai nilai-nilai budaya lokal,” tutur Ketua FKPT Jateng.

 

Selanjutnya, Ketua FKPT Jawa Tengah Prof. Dr. Syamsul Ma’arif secara resmi membuka acara tersebut. Ia berharap acara keren tersebut bisa berdampak pada lingkungan yang penuh cinta damai.

 

Sementara itu Kasi Pengawasan Barang BNPT, Faizal Yan Aulia mengatakan, banyak kearifan lokal yang bisa mencegah terorisme dan radikalisme, salah satunya dengan kegiatan-kegiatan di bidang seni musik.

 

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Jawa Tengah, Rahmat Winarto mengungkapkan, bahwa antusiasme anak muda dalam mengikuti kampanye anti radikal terorisme melalui musik cukup tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya yang mendaftar mengikuti kegiatan ini, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa dan komunitas musik.

 

“Meskipun kegiatan sempat terhenti karena hujan lebat, namun acara tetap meriah, karena penampilan yang disuguhkanpun sangat atraktif dan rame. Kemeriahan juga ditunjukkan oleh suporter dari masing-masing peserta dan para pengunjung cafe lainnya,” kata Rahmat Winarto.

 

Ia berharap, kegiatan “Asik Bang” di Bidang Pendidikan dan Pemuda FKPT Jawa Tengah bisa menjadi salah satu ajang untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air bagi generasi muda. Terlebih generasi muda Indonesia Jawa Tengah dapat terus mengembangkan kreativitas, semakin cinta tanah air, dan mengajak generasi muda lainnya untuk terus mengisi ruang ruang budaya, agar tidak terpengaruh oleh paham dan keyakinan radikalisme dan terorisme.

 

Lebih lanjut pihaknya juga mengatakan, pesan anti paham radikal terorisme yang disampaikan melalui media musik ini diharapkan menjadi lebih efektif tersampaikan, karena selain menggelar acara seni ini juga disampaikan pesan pesan kontra narasi paham kekerasan.

 

Tak hanya itu, Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan FKPT Jawa Tengah juga menjelaskan, ideologi Pancasila dan UUD 1945 sekarang ini menghadapi ujian karena adanya berbagai gerakan menentang NKRI, termasuk organisasi dan faham keyakinan yang berbasis kekerasan, radikalisme dan terorisme. Generasi muda terindikasi jadi sasaran paling rawan ditarget kelompok radikal terorisme karena dua alasan, yakni usia mereka gampang dipengaruhi karena dalam tahap pencarian jati diri serta upaya untuk regenerasi bagi kelompok paham kekerasan ini.

 

“Saya berharap kepada semua pihak, agar mengantisipasi paham radikal terorisme di kalangan generasi muda.

Kita semua harus peka dan waspada sekecil apapun potensi kerawanan radikalisme dan terorisme yang ada di sekitar kita,” tegas Rahmat Winarto.

 

Acara perlombaan ASIK BANG mencari dua nominasi, yaitu kategori solo dan group musik yang nanti akan mengikuti lomba tingkat nasional. Di Jawa Tengah, tahun 2023 untuk kategori solo nominasinya dimenangkan oleh Atik, sedangkan untuk Band dimenangkan oleh The Five dari Kota Semarang.

 

Pemenang lomba memperoleh piagam dan dana pembinaan untuk persiapan menuju tingkat nasional. Masing-masing diserahkan oleh Ketua Bidang Pemuda dan Bendahara FKPT Jawa Tengah.

 

Diakhir acara, Ketua FKPT Jateng menyampaikan, agar wakil dari ASIK BANG dari Jawa Tengah bisa mempersiapkan diri untuk bersaing di tingkat nasional, agar nantinya bisa menorehkan prestasi terbaik di tingkat nasional.

 

Red-HJ99/Heri

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini