KPM di Kendal Diharapkan Bisa Lulus PKH Menjadi Keluarga Mandiri 

0
467

Kendal, Harianjateng.com- Kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan bisa lulus lebih cepat untuk menjadi keluarga mandiri dan sejahtera.

 

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc dalam acara pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Kamis (23/11/2023) di aula Kantor Balai Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan.

 

Lebih lanjut Bupati Dico mengatakan, bahwa pemetaan tersebut untuk mengetahui apakah penerima manfaat ini bisa berkarya di bidang UMKM atau dibidang usaha lainnya, sehingga akan dibantu permodalan untuk alat dan lainnya, sehingga lebih cepat dan lebih banyak lagi yang lulus dari program PKH.

 

“Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, nantinya akan lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kendal, dan ini harus menjadi semangat dan cita-cita kita bersama,” harap Bupati Kendal.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Muntoha menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 100 ketua kelompok PKH dari Kecamatan Kaliwungu, Kaliwungu Selatan dan Kecamatan Brangsong.

 

“Kegiatan ini bertujuan agar PKM bisa meningkatkan ekonomi keluarga, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi, sehingga kita dapat memetakan bantuan apa saja yang sesuai untuk meningkatkan kesejahteraan KPM, dan nantinya mereka bisa lulus lebih cepat dan menjadi keluarga sejahtera,” ujar Muntoha.

 

Sedangkan Koordinator 2 Pendamping Sosial PKH Kendal, Tri Rahayu Kinanti menyampaikan, bahwa tahun 2023 ini sudah ada 47 keluarga penerima manfaat PKH yang sudah lulus mengundurkan diri.

 

Ia menjelaskan, melalui program pemetaan ini sudah ada 35 KPM yang diberi bantuan Program Pena Berdikari dalam bentuk barang yang nilainya Rp. 2,4 juta untuk mengembangkan usahanya, dan diharapkan jika usahanya sudah berkembang mereka bisa lulus dari program PKH.

Red-HJ99/HR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini