Milad ke-3, Umkaba Gelar Kejurwil Tapak Suci 

0
112

Kendal, Harianjateng.com-  Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (Umkaba) mengadakan Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Tapak Suci Umkaba Cup I, Jumat (17/5/2024) di Aula Kampus Umkaba Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Acara dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo, Rektor UMKABA, Sri Rejeki, Wakil Rektor UMKABA Urusan Kemahasiswaan, Utomo beserta para staf, Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci Putera Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah, Wiwoho Aji Santoso, dan Ketua Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Suprapto.

 

Kegiatan diikuti oleh 400 peserta l tingkat SD/MI, SLTP, dan SLTA Muhammadiyah se-Jawa Tengah, diantaranya peserta dari Wonogiri, Banjarnegara, Pekalongan, Kendal, Tegal, hingga Surakarta.

 

Adapun katagori yang dipertandingkan ada dua, yaitu seni dan tanding, yang mana akan diambil juara umum 1 sampai 3, dan akan dipilih pesilat terbaik. Sedangkan bagi para juara akan mendapatkan penghargaan berupa piala tetap, piagam penghargaan, dan medali.

 

Dalam acara tersbut, Wakil Rektor UMKABA Urusan Kemahasiswaan, Utomo menyampaikan, bahwa acara tersebut diselenggarakan oleh Umkaba bersama Perda Tapak Suci Kendal, yang tujuan untuk mengairahkan seni bela diri tradisional agar lebih dicintai oleh generasi muda.

 

“Dalam kegiatan ini juga, kami melatih para mahasiswa agar bisa mengelola kegiatan, yang mana pada kesempatan ini semua panitianya dari mahasiswa Umkaba,” terang Utomo.

 

Wakil Rektor Umkaba juga berharap, melalui kegiatan ini akan lebih menggairahkan ekstra kurikuler di sekolah-sekolah Muhammadiyah, sehingga nantinya akan muncul lebih banyak lagi atlet-atlet dari Tapak Suci.

 

Rektor Umkaba Sri Rejeki dalam kesempatan itu menyampaikan, Perhelatan akbar Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Jateng Tapak Suci dalam rangka Milad ke 3 Universitas Muhammadiyah Kendal Batang.

 

Sri Rejeki menuturkan, bahwa dalam Kejurwil ini para peserta tujuannya tidak hanya untuk meraih juara saja, namun yang lebih penting adalah sebagai tempat untuk menempa diri para calon pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah,

 

Sedangkan dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Kendal, Suharjo, mewakili Bupati Kendal, Dico. M. Ganinduto menyampaikan, Pemkab Kendal menyambut baik atas diselenggarakannya Kejurwil Tapak Suci Umkaba Cup I Tahun 2024 sebagai upaya melahirkan bibit-bibit unggul dan berprestasi atlet pencak silat muda yang tanggung dan berakhlak.

 

Menurut Suharjo, event turnamen Tapak Suci Umkaba nantinya harus terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya untuk pembinaan atlet Tapak Suci.

 

“Pesan dari Bupati Kendal, agar seluruh peserta harus tanamkan moto TSPM di hati dan diamalkan dalam keseharian, karena dengan iman dan akhlak kita bisa kuat dalam menjalankan kehidupan. Peserta juga harus menjunjung tinggi profesionalitas dan sportivitas, sehingga menjadi atlet yang punya karakter yang baik dan berprestasi,” kata Suharjo.

 

Selain kepada para atlet Bupati Kendal juga meminta kepada Pimda TSPM Kabupaten Kendal untuk bersinergi dengan KONI dan organisasi pencak silat lainnya dalam rangka menumbuhkembangkan seni bela diri pencak silat di Kabupaten Kendal.

 

Acara dilanjutkan dengan dengan penancapan Segu, senjata khas Tapak Suci ke sepotong batang pisang oleh Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Wiwoho Aji Santoso.

Perlu diketahui dalam acara ini juga dimeriahkan dengan acara bazar UMKM, sebagai wujud perhatian Umkaba terhadap pemberdayaan masyarakat.

 

Red-HJ99/HR