Digelar Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Kudus

0
53
Suasana Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Kudus Tahun 2024

Kudus, Harianjateng.com – Pada Rabu 08 Mei 2024 dilkukan kegiatan FGD II dalam rangka Penyusunana Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Kudus Tahun 2024, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan FGD I yang telah dilaksanakan pada Selasa, 23 April 2024.

Kegiatan dibuka lngsung oleh Drs. Mundir, M.M Selaku Kepala Pelaksana Kabupaten Kudus, beliau menyampaikan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai upaya antisipasi dan mitigasi kebencanaan Kabupaten Kudus. Dengan diadakannya kegiatan ini kita dapat mengetahui potensi bencana yang dapat terjadi, mempersiapkan untuk menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana, serta dapat melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mengurangi dampak bencana.

Kegiatan FGD II kali ini sekaligus sebagai Asistensi 1 Kepada BNPB terkait Dokumen KRB, pada kesempatan ini dihadiri oleh Bapak Edy Suryawan Purba, S.KM., M.KM selaku Perwakilan BNPB Analis Kebencanaan Ahli Madya, beliau menyampaikan Apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Kudus, harapannya dokumen ini dapat terselesaikan di tahun 2024 agar nantinya dapat digunakan sebagai acuan bagi dokumen perencanaan yang lainnya, selain itu untuk memenuhi SPM yang sudah di tetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Dokumen Kajian Risiko Bencana ini substansinya tidak hanya dari BPBD Kabupaten Kudus saja akan tetapi substansinya berlaku bagi setiap OPD yang ada di Kabupaten Kudus. Penyampain juga diberikan oleh Bapak Hafiz Fatah Nur Aditya, S.T. Perwakilan Direktorat Pemeraan dan Evaluasi Risiko Bencana memberikan review terkait peta risiko, peta kapasitas, peta kerentanan dan peta bahaya terhadap masing-masing jenis bencana yang ada di Kabupaten Kudus serta memberikan masukan-masukan terkait Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Kudus yang sedang di susun.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Dr. Zela Septikasari, M.Sc., M.Pd selaku Team Leader menyampaikan rangkuman kegiatan yang telah dilaksanakan pada FGD I serta menyampaikan agenda yang akan dilakukan hari ini. Beliau menyampaikan bahwa Dokumen KRB ini bukan hanya Dokumen milik BPBD saja akan tetapi untuk seluruh wilayah Kabupaten Kudus. Pemaparan materi tentang update draft kajian risiko bencana yang terdiri data bahaya, kerentanan, kapasitas, risiko dan peta2.

Agenda FGD II ini fokus membahas mengenai analisis kajian kerentanan, kapasitas dan risiko yang ada di Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan 16 OPD dan 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus. Dalam kegiatan ini para peserta di bagi kedalam 7 kelompok diskusi untuk mendiskusikan mengenai akar masalah serta rekomendasi dari akar masalah perbencana yang ada di Kabupaten Kudus. Kegiatan FGD ini didampingi langsung oleh Resti Diah Silviani, S.Pd, Gian Felix Ramadan, S.Si dan Muhammad Farraz Nur Ridwan, S.Pd selaku Tim CV Greenterra Mapindo. (HJ33/Hi).