Dosen FIPP UNNES menjadi Dosen Tamu di Kasetsart University Thailand

0
306

Thailand, Harianjateng.com – Dalam upaya mencapai visi internasionalisasi UNNES, tim penelitian kerja sama FIPP UNNES melaksanakan kolaborasi dengan Faculty of Education and Development Sciences Kasetsart University.

 

Topik penelitiannya adalah ‘’Career Maturity’’ pada subjek mahasiswa yang mengambil program studi kependidikan di kedua kampus tersebut.

 

Dalam kesempatan itu, Zakki Nurul Amin, M.Pd selaku ketua tim peneliti dan koordinator program studi Sarjana Bimbingan dan Konseling, sekaligus menjadi guest lecturer di Kasetsart bersama Farid Ahmadi, S,Kom., M.Kom., Ph.D. wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaa FIPP UNNES.

 

Kegiatan guest lecture diikuti oleh sekitar 100 orang mahasiswa, dan berlangsung dengan menarik, pada Jumat 9 Februari 2024 bertempat di Hall Faculty of Education and Development Sciences (FEDS) Kasetsart University di Kamphaeng Saen, Thailand.

 

Selama kegiatan berlangsung, mereka memaparkan hasil penelitian, memberikan pendalaman wawasan tentang topik career maturity, serta tak lupa mengenalkan kampus UNNES. Peserta kegiatan berjumlah sekitar 100 orang mahasiswa, dosen, dan juga Vice Dean of Academic and Students Affairs FEDS Kasetsart University.

 

Para mahasiswa tersebut beragam, dari tahun pertama kuliah hingga tahun keempat serta dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan juga Pendidikan Sains. Para mahasiswa terlibat aktif di dalam kegiatan, aktivitas, dan menyatakan sangat senang dapat mengikuti kegiatan yang bermanfaat.

 

“Selain melaksanakan guest lecture, tim dari UNNES mengunjungi sekolah laboratorium Kasetsart yang berlokasi di area kampus. Selain beberapa dosen, para pimpinan dan guru di sekolah turut menerima dan mendampingi,” ujar Zakki Nurul Amin dalam siaran persnya Sabtu 10 Februari 2024.

 

Lebih lanjut Zakki Nurul Amin, mengatakan, dalam kesempatan itu juga dilakukan berbagi informasi seperti mengenai siswa, guru, fasilitas, kualitas pengajaran, serta tim dari UNNES diajak berkeliling sekolah untuk mengobservasi secara langsung proses pembelajaran dan aktivitas siswa.

 

“Hal menarik yang ditemukan adalah setiap hari Jumat siang, para siswa tengah sibuk melakukan kegiatan masing-masing sesuai dengan minat bakatnya. Mereka bergabung pada kelompok-kelompok seperti olah raga, seni, musik, dan bahasa,” tambah Ketua Tim Peneliti dari Unnes.

 

Sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama, pihaknya menerangkan, bahwa kedua dosen dari UNNES tersebut berdiskusi dengan wakil Dekan bidang akademik dan mahasiswa, Dr. Tussanee Juntiya. Beberapa bentuk kerja sama yang sedang berjalan dan akan berlanjut ialah penelitian yang melibatkan dosen Kasetsart University, Dr. Kulthida Nugultham.

 

“Selain itu, publikasi bersama yang melibatkan dosen lain dari Kasetsart, dan kegiatan “Credit Transfer” pada kedua fakultas yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2025 dikarenakan masih terdapat banyak hal yang perlu disiapkan dan dimatangkan,” tutup Zakki Nurul Amin.

 

Red-HJ99/HI