KPU Kendal Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara 

0
94

Kendal, Harianjateng.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, Selasa (26/12/2023) di Lapangan Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan dan menguji pelaksanaan tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu 2024.

 

Disampaikan oleh Ketua KPU Kendal, Khasanudin, bahwa simulasi tersebut menggunakan lima jenis surat suara yakni untuk pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Adapun pemilih melibatkan warga di TPS 3 Desa Desa Pucangrejo yang berjumlah 241 pemilih.

 

“Dalam simulasi ini kami melibatkan warga di TPS 3 Desa Pucangrejo sesuai DPTnya 241 orang. Terkait panitia kami melibatkan teman-teman PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara),” kata Kasanudin.

 

Lebih lanjut ia menambahkan, kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai pedoman Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), PPS dan PPK.

 

“Tentunya simulasi ini untuk membantu teman-teman PPK, PPS. Karena selain Bimtek yang kemarin dilakukan dan akan kita lakukan lagi, mereka bisa melihat secara langsung prakteknya dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” tambah Kasanudin.

 

Sementara itu, Tasya Ayu Safira salah satu warga yang menjadi pemilih dalam simulasi tersebut mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kendal sangat membantu dan bermanfaat.

 

 

“Saya baru pemula jadi masih bingung. Jadi melalui simulasi ini jadi tahu nanti tahapan-tahapannya saat pencoblosan pada Pemilu 2024 nanti,” ungkap Tasya.

 

Red-HJ99/HR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini