Dispendukcapil Launching Program  Dukcapil Bestari

0
70

Kendal, Harianjateng.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal mengadakan Soft Launching Festival Adminduk dalam rangka Launching Dukcapil Bestari, Jumat (17/11/2023) di Kantor Disdukcapil Kabupaten Kendal.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 November. Kegiatan ini dimeriahkan dengan senam bersama, Fashion Show Pramuka Street, Bazar UMKM Kopi, Batik, dan lainnya.

Acara Soft launching Bestari dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Ir. Sugiono, M.T, dan dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kendal, dan diikuti oleh para kepala kelurahan dan kepala desa di Kabupaten Kendal, serta para siswa sekolah.

“Kegiatan hari ini adalah soft launching untuk mengiringi Bestari, sehingga ada beberapa Unicorn seperti Bestari Ngopi, yaitu pada layanan kami ada pojok kopi untuk display berbagai jenis kopi unggulan Kabupaten Kendal, yang mana ini sebagai bentuk dukungan program Bupati Kendal terkait kemajuan UMKM Kabupaten Kendal. Selain itu, juga menambah fasilitas pemohon agar bisa duduk nyaman dan bisa melihat berbagai jenis kopi yang ada didisplay,” ujar Ratna Mustikaningsih.

Ia menambahkan, selain kopi, juga ada Batik Bestari yang ada motif KTP dan Jembatan Merah Kali Kuto sebagai simbol integrasi Dispendukcapil dengan lembaga lain yang sudah disampaikan ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Tak hanya itu, Dispendukcapil juga memiliki iklan layanan Bestari dan Tim Bestari untuk mengintegrasikan layanan tersebut.

“Kegiatan Launching Dukcapil Bestari rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu 18 November, dan rencananya akan dilaunching oleh Bapak Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc,” kata Ratna Mustikaningsih.

Ia menjelaskan, bahwa program Dukcapil Bestari ini bertujuan untuk mengintegrasikan semua layanan kependudukan secara terintegrasi dengan berbagai lembaga yang di dalamnya ada layanan kependudukan.

“Seperti halnya integrasi dengan Kemenag yang memiliki layanan kependudukan terkait perubahan status pernikahan, maka status seseorang yang sudah menikah langsung bisa terupdate,” kata Ratna Mustikaningsih.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, proses update data kependudukan diajukan oleh KUA ke Dukcapil, selanjutnya Dinas Dukcapil menyiapkan penerbitan KTP dengan status baru bagi pasangan yang baru menikah.

Ratna Mustikaningsih juga mengungkapkan, dengan adanya integrasi layanan kependudukan dengan semua lembaga daerah terkait dengan data kependudukan pastinya akan lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Harapannya dengan adanya program Dukcapil Bestari ini, semua data kependudukan masyarakat akan selalu update dan lebih valid, dan nantinya dapat dimanfaatkan oleh para Organisasi Perangkat Daerah dan lembaga lainnya dalam rangka menyusun program pembangunan agar tepat sasaran dan tepat guna,” harap Ratna Mustikaningsih.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Sugiono menyampaikan, sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan semua pihak, atas inovasinya melalui pencanangan “DUKCAPIL BESTARI” Sinergi Layanan Adminduk Terintegrasi di Kabupaten Kendal.

“Semoga program ini dapat menjadi meningkatkan layanan adminduk yang mudah, cepat dan tuntas bagi masyarakat Kendal dalam memperbaiki kualitas data kependudukan yang semakin valid dan benar,” ujar Sekda Kendal Suginono.

Red-HJ99/HR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini