Gelar Talkshow Urun Rembug Kendal, Kadin Siap Berkolaborasi dengan Semua Stakeholder 

0
182

Kendal, Harianjateng.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Kabupaten Kendal menggelar acara Talk Show Urun Rembug Kendal lebih Tumoto Ngremboko lan Kuncoro “Sumbangan Pemikiran untuk Kendal lebih Tertata, Berkembang dan Mendunia”, Jumat (12/1/2023) di hotel Sae Inn Kendal, Jawa Tengah.

 

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber, Caleg DPRD Jawa Tengah dari Partai NasDem, Prapto Utono, Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah 1 dari PAN, Muhammad Nasih dan Caleg DPR RI juga Dapil Jawa Tengah 1 lainnya, Redi Nusantara dari Perindo, yang dipandu Moderator Agus Umar.

 

Ketua Kadin Kendal, Fransisca Tjokro Handoko dalam acara tersebut menyampaikan, Kadin merupakan organisasi mandiri dan sebagai mitra pemerintah dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di suatu daerah. Maka, diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan yang menjadi visi dan misi pemerintah.

 

“Kegiatan ini adalah kegiatan dialog pertama kali yang kita gelar, karena masa bakti saya juga masih baru sebagai Ketua Kadin Kendal. Saya ingin memberi jembatan kepada pengusaha untuk berdialog dengan caleg-caleg DPR,” tutur Fransisca Tjokro Handoko

 

Ia juga menyampaikan, bawah Kendal berada di titik yang sangat penting, yang mau dibawa kemana. Maka dialog ini menjadi sangat penting.

 

Lebih lanjut Sisca mengatakan, Kadin juga berusaha untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para pengusaha dan juga para pelaku UMKM, khususnya yang ada di Kendal.

 

“Untuk lebih menggeliatkan Kadin Kendal, kami siap berkolaborasi dengan semua stakeholder, dan tentunya perlu peran serta dan dukungan dari pemerintah daerah dan stakeholder di Kendal, sehingga nantinya  Kadin mampu menjadi bagian penting dalam mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Kendal,” kata Fransisca.

 

Sementara itu, dalam acara talk show, Narasumber pertama, Prapto Utono menyampaikan, bahawa Kadin harus berkolaborasi dengan dengan semua stakeholder, termasuk Pemerintah Daerah, berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM), yang dipersiapkan untuk mengisi lapangan kerja di KIK.

 

“Waktu dulu saya sebagai Anggota DPRD Kendal yang menjabat selama empat periode, saya berharap, SDM Kendal bisa mengisi lapangan kerja di KIK. Jadi bukan hanya menjadi penonton saja, tapi warga Kendal harus menjadi bagian dari industri dan pembangunan Kabupaten Kendal,” kata Prapto.

 

Ia juga mengatakan, sesuai UU dan Keppres, Kadin mempunyai tugas dan wewenang yang luar biasa. Tetapi jika Kadis tidak berkolaborasi dengan pemerintah daerah, maka tidak akan pernah terwujud.

 

“Dibutuhkan peran Kadin Kendal yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal, untuk bisa mengupayakan supaya SDM Kendal bisa kompetitif dan kreatif,” imbuh Prapto Utono.

 

Dalam sesi tanya-jawab, salah satu peserta Najmah Riajani Garniera mengatakan, saat nanti menjadi kawasan industri Kabupaten Kendal bisa menjadi Kota Metropolitan seperti yang sudah terjadi di kota-kota lainnya.

Red-HJ99/HI