Tingkatkan Kualitas Produk, Pelaku UMKM Bidang Boga dan Katering Mendapatkan Bimbingan dari Chef Michelle

0
320

Kendal, Harianjateng.com- Para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal mendapatkan pelatihan membuat kue dan katering dari Chef Internasional Michelle Founder and CEO of IRIS Bake House, Selasa (21/11/2023) bertempat di Kantor Dekranasda Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal bersama Dekranasda Kabupaten Kendal.

 

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Toni Ari Wibowo beserta para staf, dan diikuti oleh puluhan para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal yang bergerak dibidang boga dan katering.

 

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop UKM Kabupaten Kendal, Lytria Wandwiasti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UMKM, terutama dibidang boga dan katering di Kabupaten Kendal.

 

“Kegiatan ini diikuti oleh 88 peserta yang dibagi menjadi 8 kelompok, dan diharapkan semua kelompok bisa memperhatikan dan mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya,” kata Litryah.

 

Kepala Disdagkop UKM Kendal, Toni Ari Wibowo menyampaikan, bahwa kegiatan ini sasarannya adalah pelaku UMKM yang bergerak disektor olahan makanan, seperti cake, snack, dan katering.

 

“Dalam pelatihan ini kita menghadirkan narasumber seorang chef lulusan dari Australia yang merupakan pemilik toko IRIS Bake House yang bergerak di bidang olahan cake dan snack,” tutur Toni Ari Wibowo.

 

Ia juga mengatakan, dengan adanya pelatihan ini, nantinya para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan langsung dari Chef Michelle dan bisa menerapkan ilmu yang sudah diberikan, sehingga bisa menambah jenis produk dan kualitasnya.

 

“Harapannya para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kendal khususnya yang bergerak di olahan makanan bisa lebih maju dan lebih berinovasi lagi, termasuk menjaga mutu kualitas, banyak varian, serta menyesuaikan perkembangan zaman. Jadi olahan makanannya selain banyak varian, juga harus mengandung gizi,” harap Toni Ari Wibowo.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Michelle Founder and CEO of IRIS Bake House menjelaskan, bahwa materi yang diberikan adalah membuat kue tar, kue bolu yang mengunakan resep spon serbaguna.

 

Ia juga mengatakan, dalam pelatihan ini menggunakan bahan-bahan seperti telur, tepung terigu, dan bahan untuk olahan untuk kue lainnya. Sedangkan untuk alat menggunakan mixer, oven, dan alat olahan lainnya.

 

“Selain melakukan praktek langsung membuat kue, para peserta juga diberikan resep takaran agar menghasilkan cita rasa yang enak dan tampilan yang menarik, sehingga bisa lebih meningkat kualitas produknya,” terang Chef Michelle.

 

Salah satu peserta, pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang Cake And Cookies, Jamila mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, karena banyak ilmu yang didapatkan melalui praktek langsung, terutama bisa mendapatkan resep untuk membuat kue yang lebih berkualitas.

 

Red-HJ99/HR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini